Sebaik-baik Manusia Adalah Orang yang Bermanfaat Bagi Sesama (H.R Buchori Muslim)
“Hidup adalah perjalanan waktu dan perpindahan tempat. Kapan pun dan di mana pun kita berada, haruslah memberi manfaat bagi sesama, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Learn, Share, Success! (Muhammad Ali Murtadlo)”

Minggu, 21 Februari 2016

Catatan Perjalanan Mora Nederlands Cursisten Universitas Indonesia (MNC UI): Pekan Keempat


Hari Ke-22 (Kamis, 31 Des 15)
Hari ini merupakan hari terakhir di tahun  2015. Tentu, momen seperti ini hanya ada sekali dalam setahun. Aku bersama teman-teman sesama peserta kursus memilih Jakarta Kota Tua sebagai tempat menyaksikan malam pergantian tahun. KRL menjadi andalan angkutan kami. Kalau mau ke Kota Tua tinggal naik KRL dari stasiun UI dan turun stasiun terakhir Jakarta Kota.
Kemudia jalan ke pintu keluar sudah masuk kawasan Kota Tua. Ribuan orang tumplek bek di sana. Ada banyak seniman yang unjuk gigi. Ondel-ondel, pengamen, pantomim dan berbagai orang yang memakai costum Cosdplay.
Apa sebenarnya yang mereka cari dalam kerumunan yang tak jelas itu? Hiburan atau malah menyiksa diri dengan cara desak-desakan? Semuanya absurd. Tahun baru memang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat kota, tapi tidak bagi orang-orang desa.

Hari ke-23 (Jumat, 01 Jan 16)
Ini adalah awal tahun. Aku merayakan atau lebih tepatnya menghibur diri dengan datang ke Jakarta Kota Tua bersama teman-teman kursus. Naik KRL hingga stasiun terakhir Jakarta Kota. Sengaja, semalam kami berangkat agak malam agar dapat menikmati perayaan pergantian tahun. Terkadang aku berpikir, sebenarnya apa yang dicari dalam kerumunan seperti ini. Mencari hiburan tapi malah desak-desakan. Mencari makna tapi bersikap individualis. Bisa dibayangkan, ribuan orang saat ini tumplek blek di sini di Kota Tua. Jika kau iseng-iseng dan punya hobi menghitung, ini adalah kesempatan emas untuk melampiaskan bakat tersebut. Tapi untuk apa? Jawab sendiri.
Karena padatnya kota tua, setelah foto-foto di sekitar pohon tua, kami keluar mencari udara segar. Entah, udara segar seperti apa yang kami cari. Udara jakarta sepertinya sudah tak mengenal kata segar. Kami berada di depan museum Bank Indonesia. Berkerumun ribuan orang di sana. Aku tentu tak menyia-yiakan waktu. Pukul 00:00 WIB di tahun baru ini, dengan diiringi meledaknya kembang api dengan segala bentuk, warna dan suaranya itu aku menuliskan sebuah resolusi hidup. Resolusi itu semacam doa dan harapan serta mimpi yang bakal dicapai di tahun ini. Resolusiku adalah bisa mengunjungi empat negara: Malaysia, Singapore, Belanda dan Australia. Pulang desak-desakan di KRL hingga subuh baru sampai kost.

Hari Ke-24 (Sabtu, 02 Jan 16)
Pengaruh begadang atas perayaan tahun baru malam kemarin masih terasa. Seharian memanjakan diri dengan bermalas-malasan dan membaca buku sambil tiduran. Ini menjadi alternatifku ketika sedang malas atau down. Entahlah, ini positif atau negatif yang jelas I wanna be my self, I don’t wanna be copy cat. Malam minggu ke Toko Buku Gramedia, hendak mencari buku Jusuf Susanto dan Negeri Van Oranje. The Dance of chance nya Jusuf tak kutemukan hanya Negeri Van Oranje yang kubeli ditambah satu buku tasawuf yang direkomendasikan mas Dedik. Pulang dan menikmati sajian cerita dalam novel Negeri Van Oranje. Malam minggu kelabu karena sang kekasih jauh di mata. Tapi tentu, masih tetap dekat di hati.

Hari ke-25 (Minggu, 03 Jan 16)
Hari ini aku punya janji dengan teman lama alumni UINSA yang kebetulan saat ini ada di Jakarta. Istna, Maskur dan Libas adalah teman lamaku ketika masih kuliah di UINSA Surabaya. Istna adalah mahasiswa lulusan terbaik pada awal 2014 (semester ganjil) sedangkan Maskur lulusan terbaik fakultas Syariah dan Hukum di wisuda semester genapnya. Mas Libas sosok jenius dengan segala pemikiran yang mencerahkan itu sekarang sedang melanjutkan magister di UI pada jurusan kajian Timur Tengah dan Hubungan Internasional.
Kami janjian bakal meet up di Mall Kasablanka di Kuningan Jakarta Selatan. Eat n Eat menjadi tempat kami melepas kerinduan. Bukan hanya kerinduan ingin bertemu namun juga kerinduan intelektual. Kita sudah lama tak melakukan diskusi seperti ini. Banyak hal yang kita diskusikan dari yang ringan-ringan hingga membahas tentang liberalisasi Islam yang berada di Indonesia. Dengan hanya memesan teh botol kami sudah dapat menikmati kasablanka hingga hampir pukul 9 malam.

Hari Ke-26 (Senin, 04 Jan 16)
Kadang aku mempunyai fikiran liar. Memikirkan segala sesuatu dan mengimajinasikannya sesuai keinginan. Tentu semua orang pernah melakukan itu. Alih-alih bakal menjadi nyata itu malah menjadi semacam penggangu pikiran. Tapi toh tak ada salahnya. Pikirn liar tersebut terkadang tak terbendung. Hingga akhirnya sesak di jantung.

Hari Ke-27 (Selasa, 05 Jan 16)
Mencoba hal-hal baru itu menyenangkan banget. Seperti seorang bayi yang belajar merangkak kemudian bisa berlari. Semua butuh proses untuk menuju sebuah tujuan. Itu filosofi hari ini dari sebuah pertemuan tak terduga dengan seorang teman lama. Iya, cukup itu saja.
 
Mevrouw Andrea: berkacamata di atas kerudung
Hari Ke-28 (Rabu, 06 Jan 16)
Kursus tetap berjalan, materi agak semakin berat. Meski begitu aku tetap mengikuti pelajaran. Kebiasaan bolos atau keluar di saat jam pelajaran berat dengan pura-pura ke toilet waktu SMA tak berlaku lagi. Aku ingin semua pelajaran itu masuk ke dalam otak. Tak peduli otak penuh atau tidak. Hari ini memang kita sedang pindah tempat di gedung 4 lantai bawah namun suasana tetap sama. Dengan teman dan dosen yang sama.
Selepas pelajaran selesai, aku bimbang antara langsung pulang atau menunggu yang lain. Aku sudah berjalan keluar ruangan namun hujan tiba-tiba turun. Itu memaksaku untuk menghabiskan waktu bersama yang lain di ruang lobi gedung empat. Seperti laiknya anak-anak lebay yang ketagihan foto selfie, mereka (termasuk) aku melakukan sesi pemotretan dengan berbagai gaya. Entah mau dibuat apa, yang jelas pemotretan seperti itu diam-diam menjadi hobi terselubungku selain ngupil. Haha

Episode sebelumnya :
1. Pekan pertama MNC UI ;Pekan Pertama 
2. Pekan kedua MNC UI: Pekan Kedua
3. Pekan ketiga MNC UI: Pekan Ketiga  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India