Sebaik-baik Manusia Adalah Orang yang Bermanfaat Bagi Sesama (H.R Buchori Muslim)
“Hidup adalah perjalanan waktu dan perpindahan tempat. Kapan pun dan di mana pun kita berada, haruslah memberi manfaat bagi sesama, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Learn, Share, Success! (Muhammad Ali Murtadlo)”

Saturday, 24 November 2012

Malam Hari di Frontage Road JX


Ngopi menjadi budaya trend bagi anak muda saat ini. Anak muda yang tidak suka ngopi dianggap ketinggalan zaman dan dicap sebagai anak yang jadul, katrok, ndeso, dll. Ngopi selain sebagai obat ngantuk ternyata menjadi alternative tersendiri untuk menghilangkan penat. Bagi mahasiswa ngopi merupakan momen nyaman untuk sekedar berdiskusi bersama teman.
Di Surabaya terdapat banyak tempat ngopi jujukan para remaja. Salah satunya di kawasan JX International atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jatim Expo. Sepanjang Frontage Jl. Ahmad Yani itu setiap malam ramai dikunjungi para remaja yang hendak ngopi sambil diskusi atau hanya untuk berpacaran.
Sejak matahari tenggelam, Frontage yang tepat di seberang Gedung Graha Pena itu disulap layaknya pasar malam. Para pedagang Kaki Lima (PKL) penjaja warung kopi dadakan pun sibuk menyiapkan lapaknya. Ada yang sudah siap sejak Asyar. Ada juga yang baru siap setelah adzan maghrib dikumandangkan. Pokoknya, setiap senja menjelang, ramailah sepanjang jalan itu. Apalagi ketika lapangan Jatim Expo ada event-event besar, seperti konser musik, pasar rakyat, atau yang lainnya, tidak perlu menunggu waktu lama, pasti pengunjung akan menyemut.
Kondisi seperti ini tentu menjadi sumber rizki bagi warga setempat. Bagi tukang parkir setidaknya mampu meraup rizki lebih dari Rp.100.000/harinya. Bagi pemilik warung apalagi, omset setiap malamnya mencapai ratusan ribu rupiah.
Tempatnya memang mengesankan. Sambil berdiskusi dengan beberapa teman atau hanya berduaan dengan kekasih Anda dapat menyaksikan lalu lalang kendaraan yang tak pernah sepi. Anda dapat menikmati suasana alam bebas. Anda juga dapat menguji nyali, karena tempatnya hanya berjarak beberapa meter dari Rel Kereta Api. Ketika kereta api lewat, siap-siaplah menutup telinga, hidung atau menutup mata. Belum lagi akan dihibur oleh berbagai pengamen jalanan dengan bermacam-macam jenis genre musik, jadi siap-siap juga membawa uang receh.
Anda yang lagi penat dengan berbagai masalah, tidak ada salahnya untuk menikmati panorama ngopi di Jatim Expo. Saran saya jagalah etika, jagalah kebersihan dan jangan sampai larut malam.

Muhammad Ali Murtadlo, Ketua I AMBISI (Aliansi Mahasiswa Bidik Misi) IAIN Sunan Ampel Surabaya
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India