Sebaik-baik Manusia Adalah Orang yang Bermanfaat Bagi Sesama (H.R Buchori Muslim)
“Hidup adalah perjalanan waktu dan perpindahan tempat. Kapan pun dan di mana pun kita berada, haruslah memberi manfaat bagi sesama, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Learn, Share, Success! (Muhammad Ali Murtadlo)”

Rabu, 13 Januari 2016

Menyingkap Gempar Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara)



Bukan Anggota Gafatar
          Awal mengetahui Gafatar adalah ketika saya sampai di Puncak Kentheng Songo Gunung Merbabu. Di sana ada sebuah prasasti berbentuk segitiga yang terbuat dari besi dengan ukiran warna kuning keemasan. Di Prasasti tersebut tertulis “Puncak Gafatar, 3.142 Mdpl, Gafatar Maju, Gafatar Mengabdi”. Di atasnya berkibar bendera dengan warna sinar matahari berwarna orange.

Saya tak begitu tahu mengenai gafatar. Pikir saya waktu itu Gafatar adalah nama sebuah perusahaan yang kerap kali membuat prasasti di puncak gunung. Seperti Kiky (nama merk buku tulis) di Puncak Hargo Dumilah, Gunung Lawu. Namun, setelah media gencar memberitakan tentang Gafatar, saya jadi penasaran.

Setelah usut punya usut ternyata Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) sudah dideklarasikan di Jakarta pada 14 Agustus 2011. Mereka mengklaim bahwa Gafatar hadir Atas Nama Tuhan yang Maha Esa, sesuai amanah UUD 1945, baik yang tertulis dalam pembukaan alinea ke-4 maupun dalam pasal 29 ayat 1 Negara Berdasar Atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Untuk itu mereka bergerak di bidang sosial-budaya dalam rangka mereaktualisasikan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.
Bendera dan Logo Terbaru
Ajaran Gafatar terus menyebar. Hampir seluruh wilayah di Indonesia ada jaringannya. Selain di Yogyakarta, yang mengakibatkan Dokter Rica Tri Handayani sempat hilang sejak 30 Desember 2015 dan ditemukan pada Senin (11/1), Gafatar juga ada di Sulawesi Tenggara. Bahkan organisasi ini telah membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di 24 Provinsi secara terang-terangan. (Jawa Pos, 13/01/16)

Siapa dan Apa itu Gafatar?
Ahmad Musaddeq (source; Youtube)
Gafatar mengklaim, mereka adalah organisasi putra-putri Nusantara yang bercita-cita dan bertekad untuk berperan aktif dalam proses bangsa ini menuju negeri yang Damai Sejahtera, Nusantara Jaya sebagai Mercusuar Dunia. Mereka menyebut bahwa Gafatar memperjuangkan konsep hidup MILLAH ABRAHAM alias tunduk patuh hanya pada Tuhan Yang Maha Esa. Konsep ini menata kehidupan sosial dan budaya dengan cara Tuhan Yang Maha Esa.

Gafatar juga mengklaim melihat dan menyaksikan Bapak Ahmad Musaddeq sebagai manusia yang paling paham akan kehendak dan rencana TUHAN YME akan menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang Damai Sejahtera.

Hal tersebut dapat disaksikan dari apa yang menjadi program kerja (buah) dan dituju Gafatar. Sosok Ahmad Musadeq yang disebut Gafatar itu adalah mantan pimpinan aliran Al-qiyadah Al Islamiyah yang sempat tenar di akhir tahun 2006 lalu karena mengaku diri sebagai rasul. Yang pasti, tahun 2006 lalu, seseorang bernama Ahmad Musadeq sempat bikin heboh karena mengaku sebagai Rasul. Ahmad Musadeq mengaku mendapatkan wahyu saat sedang bersemedi dan bertemu malaikat Jibril dan diangkat menjadi rasul untuk membawa risalah yang baru, setelah Islam.
Melirik Sinis
Pada saat itu, Ahmad Musadeq mengklaim diri, telah memiliki pengikut yang berjumlah ribuan di hampir sejumlah provinsi di Nusantara, termasuk Aceh. Hal ini kemudian dibuktikan dengan menampilkan keberadaan sejumlah pengikutnya dan pengucapan "syahadat" massa terhadap kerasulan Ahmad Musadeq secara live di media elektroknik.

Keberanian Ahmad Musadeq ini sempat menuai pendapat pro dan kontra di penjuru nusantara saat itu. Sebagai masyarakat, menganggap aksi Ahmad Musadeq tersebut adalah kegiatan penistaan agama Islam.
Senyum dalam Ketidaktahuan
Banyaknya pro dan kontra itu kemudian diduga menjadi penyebab Ahmad Musadeq menemui Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada pertengahan 2007 lalu dan menyatakan diri untuk bertobat dan kembali pada aliran Islam. Tobatnya, disusul dengan tobat massa para pengikut Al-qiyadah Al Islamiyah.
Nggak Bisa diberdirikan: hahaha

Ahmad Musadeq, yang dulunya adalah seorang guru biasa di Jakarta Barat, tetap di proses secara hukum serta di seret ke pengadilan karena dinilai telah melakukan penistaan terhadap agama Islam. Sosok Ahmad Musadeq sendiri, akhirnya divonis 5 tahun penjara karena pengakuan kerasulannya.
My Favourite Avatar not Gavatar
 Setelah mendengar berita dan informasi seperti itu saya baru sadar bahwa Gafatar merupakan sebuah organisasi keagamaan (aliran sesat) yang berkedok dalam pergerakan sosial. Jangan-jangan ketika melihat foto-foto saya di Puncak Merababu dengan bendera Gafatar itu, orang-orang mengira bahwa saya adalah anggotanya. Maaf ya, saya bukan anggota Gafatar, saya penggemar Avatar!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India